fbpx

Salah Kaprah: Heavy Equipment VS Contractor’s Plant Equipment (CPE)

Foto: ilustrasi
110

Heavy equipment adalah Alat berat mengacu pada kendaraan tugas berat, yang dirancang khusus untuk melaksanakan tugas konstruksi, yang paling sering melibatkan operasi pekerjaan tanah. Mereka juga dikenal sebagai mesin berat, truk berat, peralatan konstruksi, peralatan teknik, kendaraan berat, atau hidrolika berat. Mereka biasanya terdiri dari lima sistem peralatan: implement, traksi, struktur, power train, kontrol dan informasi.

Pada dasarnya, asuransi alat berat nencakupn dalam Polis Marine inland yang yang sering digunakan dalam konstruksi dan selama tugas-tugas lainnya dan memberikan perlindungan kepada : Backhoes, wheel loader, scrapers, excavator, bulldozer, road grader, dump truck, skid steer, forklift, Mobile Crane, Tower Crane, Gantry Crane, Shovel, Articulated, Forwarder, Aerial  Platform, Heavy Duty Compaction, Motor Grader, Hydraulic Shovel, dll.

Asuransi Heavy Equipment (HE) menjamin semua alat berat yang digunakan untuk membatu pekerjaan kontraktor atau Penggunaan pribadi, jaminan asuransi diberikan berdasarkan per unit alat berat atau gabungan alat berat, Heavy equipment belum diatur dalam Kategori 1-6 tarif premi Asuransi kendaraan Bermotor oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Heavy equipment dapat menggunakan No Polisi atau tidak, tergantung penggunaannya

Asuransi Contractor’s Plant Equipment adalah jenis asuransi rekayasa. Ini sangat mirip dengan Plant Insurance di Jerman sesuai dengan “Ketentuan Umum Contractors’ Plant and Machinery” (ABG – Allgemeine Bedingungen untuk Kaskover- sicherung von Baugeräten)   tetapi   sangat berbeda dari “Ketentuan Umum Asuransi untuk Kendaraan Bergerak” (ABMG – Allgemeine Bedingun-gen für die Maschinen-und Kaskoversicherung von fahrbaren oder transportablen Geräten)

Sedangkan Asuransi Contractor;s Plant Equipment (CPE) atau Contractor Plant Machinery (CPM) adalah Polis Semua Risiko (all risk) yang mencakup heavy equipment, bangunan  dan mesin kontraktor di lokasi kerja tertentu.

Mesin kontraktor umumnya digunakan dalam kondisi pekerjaan kasar dan karenanya lebih rentan terhadap kerusakan.

Kerusakan mesin itu dapat membahayakan penyelesaian suatu   proyek dan mempertaruhkan banyak hal lainnya. Polis CPE dirancang untuk semua situasi dan akan membantu melindungi terhadap kehilangan atau kerusakan fisik yang tiba-tiba dan tidak terduga pada bangunan dan mesin. Ini mencakup semua jenis peralatan konstruksi tetapi tidak terbatas pada:

  • Mesin dan peralatan aspal
  • Bobcats
  • Buldoser
  • Derek – tetap dan bergerak
  • Peralatan beton
  • Rig Pengeboran
  • Dumper
  • Peralatan pemindah tanah
  • Ekskavator
  • Forklift
  • Mesin pertanian
  • Loader
  • Mesin logging
  • Mesin dan peralatan pertambangan
  • Pavers
  • Peralatan pengerjaan jalan
  • Self-loading vehicles
  • Peralatan pengangkat

Tetapi dengan beragam mesin, semuanya dirancang untuk melakukan pekerjaan tertentu, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk keperluan dan lingkungan Jaminan Asuransi. Panduan singkat kami di bawah ini untuk menemukan lebih banyak tentang mesin dan alat berat yang biasa digunakan di industri konstruksi dengan Jaminan asuransi CPE atau CPM:

  1. Mesin konstruksi bergerak (Contractors’ Plant)
    “Mesin bergerak” diartikan sebagai mesin self- propelled atau mesin konstruksi. Yang paling umum adalah:

    • Bulldozer
    • kendaraan angkut yang dilengkapi dengan roda atau rail
    • dump truck
    • ekskavator (konvensional)
    • scraper
    • floating excavator
    • road-surface
    • roller
    • mobile crane
    • mobile drilling machinery
  2. Bangunan sementara
    Bangunan sementara termasuk:

    • bangunan akomodasi dan karavan stasioner
    • workshop
    • gedung kantor
    • bangunan penyimpanan
    • bangunan sementara lainnya yang didirikan oleh kontraktor, memungkinkan pekerjaan konstruksi dilakukan secara efisien.
  3. Peralatan stasioner
    Grup ini termasuk:

    • sistem konveyor
    • Bangunan pengolahan kerikil
    • Bangunan batching beton
    • mixer aspal
    • menara crane, kerekan
    • generator dan transformator listrik untuk membangun site
  4. Peralatan dan katrol
    mengecualikan alat portabel seperti sekop, kapak, gergaji portabel, bor dan mesin penggiling. Seringkali menjadi sasaran pencurian kecil-kecilan, alat kecil seperti itu umumnya harus dianggap sebagai barang yang bisa dibuang dan tidak boleh diasuransikan.

    Relatif sulit untuk menentukan alat mana yang tidak dapat diasuransikan. Beberapa Polis menggunakan definisi “alat yang dapat dipertukarkan dan suku cadang mesin cepat pakai seperti bor, rahang crusher dan palu, mata gergaji, cangkang, rantai, kabel, trek perayap, ban berjalan, tali atau ban”.

    Berbagai Jenis Alat Berat dipergunakan untuk Konstruksi

    Alat berat untuk konstruksi digunakan untuk berbagai keperluan dalam proyek-proyek besar. Pemilihan berbagai jenis alat berat tergantung pada ukuran pekerjaan dan ekonomi proyek. Ini membuat proses konstruksi lebih mudah dan lebih cepat.

Berbagai jenis alat berat yang biasa digunakan dalam konstruksi adalah sebagai berikut:

    1. Excavator
      Excavator adalah peralatan penting danbanyak digunakan dalam industri konstruksi. Tujuan umum mereka   adalah untuk  penggalian tetapi selain itu mereka juga digunakan untuk banyak tujuan seperti mengangkat berat, pembongkaran, pengerukan sungai, memotong pohon dll.Excavator (hidrolik) adalah peralatan konstruksi berat yang terdiri dari boom, gayung (atau tongkat), bucket dan platform berputar yang dikenal sebagai “kabin”. kabin itu duduk di atas undercarriage dengan trek atau roda. mode operasinya pada dasarnya berbeda dari excavator yang dioperasikan dengan kabel yang menggunakan winch dan tali baja untuk menyelesaikan Gerakan. Pengaturan kabin ini dapat diputar hingga 360° yang memudahkan pengoperasian.
    2. Backhoe

      Backhoe adalah peralatan lain yang banyak digunakan dan kendaraan saat memuat ember  disediakan di bagian depan.

      Ini sangat berguna untuk menggali parit di bawah permukaan alat berat dan menggunakan pemuatan bucket depan, bongkar muat, dan pengangkatan material dapat dilakukan.

    3. Dragline Excavator

      Excavator dragline adalah alat berat lain yang digunakan dalam konstruksi yang umumnya digunakan untuk penggalian kedalaman yang lebih besar. Ini terdiri dari boom yang panjang dan ember penahan ditangguhkan dari bagian atas boom menggunakan kabel.Untuk pembangunan pelabuhan, untuk penggalian di bawah air, pembuangan sedimen di badan air dll. Dapat dilakukan dengan dragline excavator
    4. Bulldozers

      Buldoser adalah jenis lain dari peralatan penggalian tanah yang digunakan untuk menghilangkan lapisan tanah lapisan atas hingga kedalaman tertentu.
      Pemindahan tanah dilakukan oleh pelat logam lebar bermata tajam yang disediakan di bagian depannya. Pelat ini dapat diturunkan dan dinaikkan menggunakan piston hidrolik.Ini banyak digunakan untuk menghilangkan lapisan tanah atau batuan yang lemah, mengangkat tanah dll.
    5. Graders

      Mesin perata juga disebut sebagai perata motor adalah jenis peralatan lain yang digunakan dalam konstruksi terutama untuk konstruksi jalan. Ini terutama digunakan untuk meratakan permukaan tanah.

      Ini berisi bilah horizontal di antara roda depan dan belakang dan bilah ini diturunkan ke tanah saat bekerja. Kabin pengoperasian disediakan di bagian atas pengaturan gandar belakang.

      Motor Grader juga digunakan untuk menghilangkan salju atau kotoran dari jalan, untuk meratakan permukaan tanah sebelum meletakkan lapisan aspal, untuk menghilangkan lapisan tanah yang tidak perlu dari tanah dll.

    6. Wheel Tractor Scrapers

      Wheel Tractor Scrapers adalah alat penggerak tanah yang digunakan untuk menyediakan permukaan tanah yang rata melalui pembongkaran. Bagian depan berisi kendaraan traktor beroda dan bagian belakang berisi pengaturan scrapping seperti blade depan horisontal, ban berjalan dan hopper pengumpul tanah.

      Ketika bilah depan diturunkan ke tanah dan kendaraan digerakkan, bilah mulai menggali tanah di atas permukaan bilah dan tanah yang digali dikumpulkan dalam hopper melalui ban berjalan. Ketika hopper penuh, bagian belakang diangkat dari tanah dan hopper diturunkan di halaman timbunan tanah.

    7. Trenchers

      Foto: ayobaca.web.id

      Parit atau mesin penggali digunakan untuk menggali parit di tanah. Parit ini umumnya digunakan untuk peletakan pipa, peletakan kabel, keperluan drainase dll. Mesin penggali tersedia dalam dua jenis yaitu penggali rantai dan penggali beroda.

      Chain trenchers berisi lengan panjang yang tetap di sekitar mana rantai penggalian disediakan. Penggali beroda berisi roda logam dengan gigi gali di sekitarnya. Untuk menggali lapisan tanah keras, penggali roda lebih cocok. Kedua jenis penggali ini tersedia dalam bentuk kendaraan yang dilacak maupun beroda.

    8. Loader

      Loader digunakan di lokasi konstruksi untuk memuat material ke dumper, truk dll. Bahan tersebut dapat digali tanah, limbah pembongkaran, bahan baku, dll. Sebuah loader berisi ember berukuran besar di bagian depan dengan lengan yang lebih pendek.

      Loader dapat dilacak atau beroda. Pemuat beroda banyak digunakan di lokasi sementara pemuat yang dilacak atau dijelajahi digunakan di lokasi yang tidak dapat dijangkau kendaraan beroda.

    9. Tower Cranes

      Tower crane adalah crane tetap yang digunakan untuk tujuan mengangkat dalam konstruksi struktur tinggi. Bahan- bahan berat seperti balok beton pra- tekan, rangka baja, rangka, dll. Dapat dengan mudah diangkat ke ketinggian yang diperlukan menggunakan jenis peralatan ini.

      Mereka terdiri tiang yang merupakan menara pendukung vertikal, Jib yang merupakan lengan operasi crane, counter jib yang lengan lainnya membawa beban counter di sisi belakang crane dan kabin operator dari mana crane dapat dioperasikan.

    10. Overhead Gantry Crane

      Derek loader truk, atau derek artikulasi, adalah lengan artikulasi hidrolik yang dipasang pada truk atau truk yang paling umum digunakan untuk memuat dan menurunkan bahan dari kendaraan, populer karena transportasi dan pergerakan muatan hanya memerlukan satu kendaraan, bukan truk untuk diangkut dan crane terpisah untuk memuat / membongkar.

      Derek gantry overhead (derek jembatan, derek suspensi, atau derek bepergian keliling) adalah mesin besar yang menampilkan derek yang dapat mengangkat benda berat melalui sistem hoist yang terpasang pada troli.

      Ujung-ujungnya ditopang oleh balok gantry yang bersandar pada roda dan membentang di sepanjang rel. Gantry crane biasanya dipasang di dinding samping pabrik atau bangunan besar, serta dermaga dan area konstruksi luar, yang berarti derek dapat mengangkat dan membawa benda-benda sepanjang bangunan. Paling sering digunakan dalam pembuatan peralatan dan kendaraan besar, pemuatan dan penanganan bahan.

    11. Paver

      Paver atau Asphalt paver adalah peralatan peletakan perkerasan yang digunakan dalam konstruksi jalan. Paver berisi ember pengumpanan di mana aspal dimuat terus menerus oleh dump truck dan paver mendistribusikan aspal secara merata di permukaan jalan dengan sedikit pemadatan.

      Namun roller diperlukan setelah meletakkan lapisan aspal untuk pemadatan yang sempurna.

    12. Compactors

      Compactor atau Rol digunakan untuk memadatkan material atau permukaan bumi. Berbagai jenis pemadat tersedia untuk tujuan pemadatan yang berbeda.Rol roda halus digunakan untuk memadatkan lapisan tanah atau aspal dangkal, dll. Penggulung kaki domba digunakan untuk tujuan pemadatan yang dalam. Rol tirus pneumatik digunakan untuk memadatkan tanah berbutir halus, lapisan aspal dll.
    13. Telehandlers

      telehandler
      Foto: https://cranemarket.com/cat-tl1255-telehandler-for-sale-id4224

      Telehandler adalah peralatan pengangkat yang digunakan dalam konstruksi untuk mengangkat material berat hingga ketinggian yang dibutuhkan atau untuk menyediakan platform konstruksi untuk pekerja pada ketinggian yang lebih tinggi, dll. Ini berisi booming teleskopik panjang yang dapat dinaikkan atau diturunkan atau diteruskan.
      Berbagai jenis pengaturan seperti forklift, bucket, kabin, jib mengangkat dll. Dapat dipasang pada ujung boom teleskopik berdasarkan kebutuhan pekerjaan

    14. Lorry Loader

      lorry loader
      Foto: https://abrtraining.co.uk/npors-lorry-loader.html

      Derek loader truk, atau derek artikulasi, adalah lengan artikulasi hidrolik yang dipasang pada truk atau truk yang paling umum digunakan untuk memuat dan menurunkan bahan dari kendaraan, populer karena transportasi dan pergerakan muatan hanya memerlukan satu kendaraan, bukan truk untuk diangkut dan crane terpisah untuk memuat/membongkar.

      Lengan’ terdiri dari bagian-bagian yang dapat dilipat saat tidak diperlukan, dan dapat memiliki bagian teleskopik yang dipasang untuk kemampuan mengangkat yang lebih tinggi. Sebagian besar crane memungkinkan operator untuk melihat beban dari kabin kendaraan, tetapi karena posisi lengan, operator akan membutuhkan seorang bankir yang terlatih untuk mengarahkan pergerakan atau perlu mengoperasikan crane dari jarak jauh atau kabel. panel kontrol yang memungkinkan mereka meninggalkan kabin dan melihat operasi.

    15. Feller Bunchers

      Feller Bunchers
      Foto: https://www.tigercat.com/download-categories/track-buncher-photos/

      Feller buncher adalah alat berat pemotongan pohon yang digunakan untuk menghilangkan pohon besar di bidang konstruksi. Mereka menebang pohon dan mengambilnya tanpa menebang, juga mengumpulkan semua pohon yang ditebang di satu tempat yang membuat pekerjaan lebih mudah untuk memuat dan membuang truk.

    16. Forwarders

      Forwarders
      Foto: https://www.komatsuforest.com/forest-machines/our-forwarders/forwarder-options

      setelah menebang kayu kemudian mengumpulkan, memotong dan menumpuk batang pohon dapat dengan cepat memuat pohon yang ditebang dari daerah tersebut dengan bantuan forwarder yang memiliki loader dan punggung yang menyerupai keranjang terbuka.

    17. Harvesters

      Harvesters
      Foto: https://www.fginsight.com/news/news/lamma-show-2018-combine-harvesters-50706

      Peralatan untuk mengumpulkan dan menebang pohon, dan pemanen melucuti kulit badannya dari pohon, menggabungkan pekerjaan dari penebang-pengumpul, mengupas

    18. Skidders

      skidders
      Foto: https://www.tigercat.com/tigercat-introduces-610e-skidder/

      Saat Anda bekerja pada proyek konstruksi yang melibatkan pembukaan lahan berhutan, skidders digunakan untuk menarik pohon yang telah ditebang dari hutan dan ke area pendaratan, di mana mereka biasanya ditelusuri dan dipotong menurut ukuran. Ada dua jenis skidders: kabel dan grapple. Skidders kabel adalah model klasik, yang mengharuskan menarik pohon dengan kabel. Grapple menyerupai cakar, meraih pohon dan menariknya seperti itu.

    19. Knuckleboom Loaders

      Knuckleboom Loaders
      Foto: https://www.deere.com/en/our-company/news-and-announcements/news-releases/2018/construction/oct29-knuckleboom-loaders-fuel-economy/

      Ketika pohon-pohon telah ditebang, ditelanjangi dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, mereka harus dimuat ke truk dan diangkut ke tujuan akhir mereka. Memuat truk logging membutuhkan peralatan unik yang dikenal sebagai knuckleboom loader, mesin ayun dengan boom yang dirancang khusus untuk mengambil dan memuat kayu. Mereka bergerak sangat cepat untuk peralatan konstruksi berat yang besar.

    20. Dump truck

      Truk sampah digunakan di lokasi konstruksi untuk membawa material dalam jumlah yang lebih besar dari satu lokasi ke lokasi lain atau ke tempat pembuangan. Secara umum, di lokasi konstruksi besar, truk-truk pembuangan off-road digunakan.Truk pembuangan off-road ini memiliki roda besar dengan ruang besar untuk material yang memungkinkannya mengangkut material dalam jumlah besar dalam segala kondisi tanah.
    21. Forwarder Tipping Dumper

      Forwarder Tipping Dumper
      Foto: https://acopgroup.com/course/forward-tipping-dumper-training-april-2018/

      Dumper pengungkit kedepan lebih kecil, tetapi mesin onsite yang sangat berguna. Ini biasanya kendaraan roda 4, dengan lompatan beban terletak di bagian depan, memungkinkan pengemudi untuk mengawasi muatan saat mengangkutnya di sekitar lokasi.Biasa digunakan untuk mengangkut limbah dan material, lompatan depan dapat berujung untuk membuang muatan ketika pengemudi mencapai lokasi yang diperlukan. Sebagai kendaraan yang kuat dan kokoh, itu juga dapat digunakan sebagai kendaraan derek untuk memindahkan peralatan atau kendaraan lain di sekitar lokasi.

    22. Pile Boring Equipment

      Pile Boring Equipment
      Foto: https://www.piling-equipment-ltd.com/drilling-rig-sale/rotary-piling/

      Peralatan bor pile digunakan untuk membuat lubang bor di lokasi konstruksi untuk memasang tiang pancang pracetak.

    23. Tunnel boring machine (TBM)

      Tunnel boring machine
      Foto: http://www.railsystem.net/tunnel-boring-machine-tbm/

      Alat penggali terowongan. Karena bentuk mesin yang menyerupai silinder, permuka terowongan yang terbentuk jadi seperti lingkaran.TBM dapat digunakan pada batuan lunak hingga batuan keras. Diamater alat ini bervariasi mulai dari semeter hingga 19 meter.TBM dilengkapi dengan mata bor yang tersebar di permukaan kepala bor. Kepala bor yang berbentuk silinder ini kemudian berputar dan menggerus batuan. Begitu seterusnya sambil TBM bergerak maju.

      TBM digunakan sebagai alternatif metode drilling and blasting (D&B). Drilling and blasting merupakan metode konvensional untuk membuat terowongan yang terdiri dari beberapa tahap dengan drilling (membor) dan blasting (meledakkan) sebagai dua tahap paling utama.

    24. Pile Driving Equipment

      Pile Driving Equipment
      Foto: https://www.constructionscalemodels.com/en/weserhutte-w180-with-pile-driver–yellow-nzg-nzg596

      Alat berat lain yang digunakan di lokasi konstruksi adalah peralatan penggerak tiang pancang dalam hal konstruksi pondasi tiang pancang. Peralatan ini mengangkat tumpukan dan menahannya di posisi yang tepat dan mendorong ke tanah hingga ke kedalaman yang dibutuhkan.Berbagai jenis peralatan penggerak tiang pancang tersedia yaitu, tiang pancang, tiang pancang, palu pemandu, dll. Dalam hal apa pun tiang digerakkan ke tanah dengan memalu bagian atas tiang yang dilakukan secara hidrolik atau dengan menjatuhkan.

    25. Cold Planer

      Cold Planer
      Foto: https://www.equipmentworld.com/cat-intros-pm820-pm822-pm825-cold-planers-with-grade-control-integration/

      Cold planers juga dikenal sebagai mesin penggilingan. Jenis peralatan konstruksi ini digunakan untuk menghilangkan aspal dan beton dari permukaan. Di dalam mesin ini, sebuah drum besar berputar dan menggiling permukaan disertai dengan pemotong yang akan memotong trotoar.
      Trotoar yang lepas secara otomatis didorong ke tengah drum yang berputar dan diumpankan ke sabuk konveyor yang terpasang pada mesin. Selama proses penggilingan ini, air biasanya diterapkan pada drum untuk meminimalkan debu dan panas.

    26. Compact track and Multi-Terrain Loaders

      Compact track and Multi-Terrain Loaders
      Foto: https://www.forconstructionpros.com/equipment/earthmoving-compact/product/11187738/caterpillar-cat-d-series-compact-track-loaders-and-multi-terrain-loaders

      Alat berat untuk memindahkan kotoran atau persediaan dari titik A ke titik B di lokasi, peralatan ini merupakan tambahan yang kuat. Mesin-mesin ini dibangun untuk memaksimalkan kerja dengan tapak minimal. Track kompak dan loader multi- medan dilengkapi dengan undercarriage track karet, yang ideal untuk navigasi melalui berbagai medan dan kondisi.

    27. Forklift

      Forklift
      Foto: https://hechaforklift.en.made-in-china.com/product/uBPnSzLEVgYD/China-High-Quality-4-Ton-Forklift-Truck-Cpcd40-Diesel-Forklift.html

      Alat bantu yang digunakan untuk mengangkan beban beban berat atau bisa juga untuk memindahkan barang yang berupa kendaraan dan bisa juga seperti alat transportasi atau mobil berjalan atau kendaraan yang memiliki 2 garpu yang bisa digunakan untuk mengangakat pallet.
      Garpu forklift pada umumnya kompatibel dengan pallet yang beredar di pasaran. Biasanya barang diletakkan di atas pallet, baru kemudian barang dipindahkan atau diangkat.

    28. Mixer Truck

      Mixer truck adalah alat berat yang digunakan untuk mengubah dan mengaduk batuan batuan, pasir dan mineral lainnya menjadi suatu bentuk lainnya /produk baru lainnya. Contohnya : semen, aspal, beton dll.
    29. Ballast Tamper

      Ballast Tamper
      Foto: http://www.mitchell-railgear.com/product-listing/5011/95

      Ballast tamper merupakan alat berat yang digunakan untuk memperbaiki ballast (bantalan batu) pada rel kereta api

    30. Aerial Work Platform

      Aerial Work Platform
      Foto: https://cpcs-theory-test-answers.eu/product/cpcs-a25a26-mewp-scissor-boom-theory-test-answers

      Aerial work platform adalah alat berat yang juga merupakan kendaraan yang berfungsi untuk mengangkat barang maupun orang. Selain itu alat ini juga difungsikan

    31. Traktor
      Traktor
      Merupakan kendaraan yang biasa digandengkan dengan berbagai peralatan pertanian. Seperti pembajak, penanam benih dan pemanen
    32. Truk trailer
      Truk trailer

      kendaraan terartikulasi (articulated vehicle) yang terdiri dari mesin penarik yang tersambung pada semi trailer. Mesin penarik ini disebut juga traktor di Amerika Serikat dan truk di tempat lain. Semi trailer tidak memiliki roda depan melainkan ditopang oleh bagian ekor dari truk penarik, sehingga sebagian fraksi berat dari trailer dibawa oleh mesin penggerak.
    33. Multi Axle Truck
      Foto: https://www.foulgersdaf.co.uk/image-uploads/images/new%20news%202.jpg

      Multi axle merupakan truk pengangkut girder yang mirip trailer truck, dengan jumlah roda sangat banyak. Truk ini memiliki dua lubang pengait terletak di bagian depan dan belakang, yang dapat ditarik dengan truck head atau “kepala” truk. Truck head tersebut dipasang terpisah sehingga dapat berpindah dari posisi depan truk ke posisi belakang truk, begitupun sebaliknya. Truk ini sangat diperlukan bagi mobilisasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.