fbpx

Pengantar Matematika Keuangan

Gambar Ilustrasi Pengantar Matematika Keuangan
62

Matematika keuangan adalah cabang matematika yang digunakan untuk menganalisis masalah keuangan. Beberapa materi dasar matematika keuangan yang penting untuk dipahami adalah sebagai berikut:

  1. Bunga

Bunga adalah biaya yang dikenakan atas pinjaman atau investasi. Ada dua jenis bunga, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal dikenakan pada akhir periode waktu tertentu, sedangkan bunga majemuk dikenakan pada akhir setiap periode dan dihitung berdasarkan saldo akhir pada periode tersebut.

  1. Time Value of Money

Time Value of Money (TVM) atau nilai waktu uang adalah konsep bahwa uang yang diterima atau dibayarkan pada suatu waktu di masa depan memiliki nilai yang berbeda dari uang yang diterima atau dibayarkan pada saat ini. Konsep ini digunakan untuk menghitung nilai masa depan dari uang yang diinvestasikan atau nilai sekarang dari uang yang akan diterima di masa depan.

  1. Anuitas

Anuitas adalah serangkaian pembayaran atau penerimaan yang sama pada setiap periode waktu tertentu. Anuitas dapat berupa anuitas biasa atau anuitas diperlukan. Anuitas biasa adalah pembayaran yang dilakukan pada akhir setiap periode, sedangkan anuitas diperlukan adalah pembayaran yang dilakukan pada awal setiap periode.

  1. Perhitungan Kredit

Perhitungan kredit adalah cara menghitung pembayaran bulanan atau cicilan yang harus dibayarkan pada suatu pinjaman. Perhitungan ini didasarkan pada jumlah pinjaman, tingkat bunga, dan jangka waktu pinjaman.

  1. Perhitungan Investasi

Perhitungan investasi adalah cara menghitung keuntungan atau kerugian yang diperoleh dari suatu investasi. Perhitungan ini meliputi rumus-rumus seperti return on investment (ROI), net present value (NPV), dan internal rate of return (IRR).

Materi dasar matematika keuangan tersebut dapat digunakan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih baik, seperti memilih antara meminjam uang atau menggunakan tabungan untuk membeli suatu barang, memutuskan untuk memperpanjang atau mengambil kredit rumah, atau memilih antara berinvestasi pada saham atau obligasi.

Matematika Keuangan menjadi salah satu mata uji dalam ujian profesi Aktuaris yang diadakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dengan kode uji A10. Sesuai informasi pada website resmi PAI, Tujuan mata ujian ini adalah untuk memastikan bahwa peserta mempunyai pemahaman tentang teknikal perhitungan dasar matematika keuangan dan menguji pemahaman matematika keuangan dalam aplikasi dalam industri jasa keuangan.

Peserta diharapkan dapat memahami hal-hal berikut:

  1. Interest rate (rate of interest), Simple interest and Compound interest
  2. Accumulation function, Future Value and Present value/net present value
  3. Discount factor, Discount rate (rate of discount) and Convertible m-thly
  4. Nominal rate, Effective rate, Force of interest

Peserta diharapkan menghitung hal-hal berikut :

  1. Present value, or Future value berdasarkan simple or compound interest.
  2. Effective interest rate, Nominal interest rate, convertible m-thly, Effective discount rate, Nominal discount rate convertible m-thly, Force of interest.

Peserta diharapkan mampu mendefinisikan dan menghitung hal-hal berikut:

  1. Annuity-immediate, Annuity-due Perpetuity, Payable m-thly, Level payment annuity, Arithmetic increasing/decreasing payment annuity.
  2. Principal, Interest, Term of loan, Outstanding balance, Final payment (drop payment, balloon payment), Amortization, Sinking fund.
  3. Anuitas dengan pembayaran tetap dan tidak tetap untuk jenis anuitas immediate (or due), anuitas pembayaran m-thly
  4. Menghitung outstanding balance dan menghitung tingkat bunga.

Source: https://www.aktuaris.or.id/page/content/157/silabus-a10

Leave A Reply

Your email address will not be published.