Dua Orang Warga di Kulonprogo Terluka Akibat Ledakan Mercon di Rumahnya

Datapolis.id, Kulonprogo – Rumah seorang warga, Ngatiyem (75) di Pedukuhan Timpang, Desa/Kecamatan Pengasih, Kulon Progo rusak parah akibat ledakan mercon di dalam rumahnya pada Rabu (06/06/2018), pukul 08.30 WIB.

Saat itu Ngatiyem si pemilik rumah hendak pergi untuk membeli obat, namun tak lama terdengar suara  ledakan yang sangat besar berasal dari rumahnya. “Saya kaget (dengar suara ledakan) sampai pegangan pohon kelapa. Saya lemas lihat rumah seperti ini begitu saya pulang,” jelasnya.

Kronologi kejadian bermula saat Heri (17), cucu sang pemilik rumah bersama seorang tetangga bernama Ari Supatmanto warga Kroco, Sendangsari sedang mencoba menyalakan mercon, karena tidak menyala kini giliran Heri yang mencoba menyalakannya dan saat itu juga langsung meledak.

Akibat peristiwa tersebut, Heri langsung dilarikan ke RSUD (Rumah Sakit Unit Daerah) Wates karena mengalami luka bakar dikedua tangan dan kaki kanannya. Sedangnya korban yang bernama Ari terluka dibagian telinga.

Polisi yang mendapat laporan langsung menuju lokasi kejadian. Polisi menemukan satu ons bubuk mesiu dan 20-30 buah selongsong mercon terbuat dari kertas sebesar baterai ukuran sedang dibelakang rumah, diduga sengaja disembunyikan setelah ledakan terjadi.

Menurut keterangan Heri, ledakan itu terjadi ketika tengah mengeluarkan bubuk mesiu dari mercon sisa tahun kemarin.

Belum diketahui berapa jumlah kerugian yang dialami, namun sebagian genteng atap rumah rontok dan dinding rumah yang terbuat dari anyaman bambu jebol.


Ikhtisar :

  • Peril : Ledakan
  • Objek : Rumah tinggal
  • Tanggal Kejadian : Rabu, 06 Juni 2018
  • Lokasi : Kulonprogo, Yogyakarta
  • Penyebab : Ledakan bubuk mesiu
  • Nilai Kerugian : Belum diketahui

Leave A Comment

You must be logged in to post a comment