Pembahasan Soal Ujian Profesi Aktuaris
Institusi |
: |
Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) |
Mata Ujian |
: |
Akuntansi |
Periode Ujian |
: |
April 2019 |
Nomor Soal |
: |
22 |
SOAL
Suatu perusahaan konveksi ‘Anti Golput’ yang bergerak di bidang penjualan kaos dan sablon, dapat menjual sebanyak 280 unit kaos dan memperoleh net gain sebesar 5,4 juta per bulan pada bulan-bulan normal. Sedangkan pada bulan-bulan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu), kaos yang terjual per bulannya dapat mencapai 3 kali lipat dari bulan normal. Karena banyaknya permintaan pada bulan kampanye, perusahaan meningkatkan harga jual kaos per unit (namun biaya variabel per unit tidak berubah) sedemikian sehingga diperoleh unit contribution margin sebesar 45 ribu. Diketahui pula pada bulan kampanye perusahaan memerlukan tambahan gudang penyimpanan sehingga mengakibatkan peningkatan biaya tetap per bulan sebesar 30%. Apabila biaya variabel per unit adalah 25 ribu dan net gain per bulan yang diperoleh pada bulan kampanye adalah 33,9 juta, maka harga kaos per unit pada bulan normal adalah:
- Kurang dari atau sama dengan 40 ribu
- Lebih dari 40 ribu dan kurang dari atau sama dengan 50 ribu
- Lebih dari 50 ribu dan kurang dari atau sama dengan 60 ribu
- Lebih dari 60 ribu dan kurang dari atau sama dengan 70 ribu
- Lebih dari 70 ribu
Pembahasan |
Berdasarkan soal diperoleh:
Komponen |
Bulan Normal |
Bulan Kampanye |
Banyak Unit |
280 unit |
3×280 = 840 unit |
Net Gain |
5.400.000 |
33.900.000 |
Unit Biaya Variabel |
25.000 |
25.000 |
Unit Contribution Margin |
? |
45.000 |
Fixed cost |
? |
Naik sebesar 30% dari Bulan Normal |
Chapter 16 Page 514[1] :
Unit Contributuon Margin = Unit Price – Unit Variabel Cost
Pada Bulan Kampanye dapat diperoleh Unit Price sebesar :
Unit Price = Unit Contributuon Margin + Unit Variabel Cost = 45.000+25.000= 70.000
Chapter 16 Page 515[1] :
Untuk menemukan Fixed cost di Bulan Kampanye:
Bulan Kampanye |
Per Unit |
Total |
Sales Revenue (840 unit) |
70.000 |
70.000 x 840 = 58.800.000 |
Less : Variabel Cost |
25.000 |
25.000 x 840 = 21.000.000 |
Contributuon Margin |
45.000 |
37.800.000 |
Less : Fixed Cost |
|
? |
Net Gain |
|
33. 900.000 |
Sehingga Fixed Cost pada Bulan Kampanye = Net Gain – Contributuon Margin = 3.900.000
Sebab Fixed Cost pada Bulan Kampanye mengalami kenaikan 30 % dari Bulan Normal maka misalkan Fixed Cost pada Bulan Normal = X , dapat ditulis:
Fixed Cost Bulan Kampanye = Fixed Cost Bulan Normal +30% Fixed Cost Bulan Normal
3.900.000 = X +30%X
Fixed Cost Bulan Normal = X = 3.000.000
Sehingga untuk menentukan harga kaos (Unit Price, misalkan ditulis sebagai Y) pada Bulan Normal:
Bulan Normal |
Per Unit |
Total |
Sales Revenue (280 unit) |
Y |
280Y |
Less : Variabel Cost |
25.000 |
25.000 x 280 = 7.000.000 |
Contributuon Margin |
Y-25.000 |
280Y – 7.000.000 |
Less : Fixed Cost |
|
3.000.000 |
Net Gain |
|
5.400.000 |
Maka harga kaos pada Bulan Normal = Unit Price Bulan Normal = Y diperoleh sebagai berikut:
(280Y -7.000.000) – 3.000.000 = 5.400.000
280Y -10.000.000 = 5.400.000
Y = 55.000
Sehingga harga kaos pada Bulan Normal adalah 55.000
[1] Mulligan, E. and Stone, G. (1997). Accounting and financial reporting in life and health insurance companies. Atlanta, Ga.: Life Management Institute, LOMA. |
Jawaban |
c. Lebih dari 50 ribu dan kurang dari atau sama dengan 60 ribu |