fbpx

Jelang Lebaran, Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Sumenep

Foto: Lavinda/cnnindonesia.com
162

Datapolis.id, Sumenep – Gempa tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter guncang wilayah Sumenep, Madura, Rabu (13/06/2018) sekitar pukul 20.06 WIB.

Gempa  yang berpusat pada koordinat 6,88 Lintang Selatan dan 113,94 Bujur Timur, berada di darat pada 6 Km arah timur laut dari Sumenep dengan kedalaman dangkal 12 KM ini menyebabkan puluhan rumah warga rusak parah.

Gempa yang mengguncang Sumenep, telah merusak 77 rumah tinggal warga. Akibatnya jelang lebaran puluhan warga mengungsi di tenda darurat. Menurut laporan yang diterima dari Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, “22 Unit rumah rusak berat, 52 unit rumah rusak ringan, 2 bangunan mesjid rusak berak, 1 mesjid rusak ringan, 1 madrasah rusak berat, dan 1 pondok pesantren rusak ringan.” Ujarnya, Kamis (14/06/2018).

Tidak hanya merusak sejumlah bangunan, gempa bumi yang terjadi saat warga sedang menunaikan ibadah salat tarawih mengakibatkan enam orang warga mengalami luka ringan. Kerugain diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu, pemerintah setempat juga telah mengirimkan bantuan dan mendirikan tenda pengungsian bagi para korban yang kehilangan tempat tinggal. Serta menghimbau warganya untuk tetap waspada dikhawatirkan akan adanya gempa susulan.


Ikhtisar:

  • Peril : Gempa Bumi
  • Objek : Rumah, Masjid, Pondok Pesantren
  • Tanggal kejadian : 13 Juni 2018
  • Lokasi : Sumenep, Madura 
  • Nilai Kerugian : > Rp 100.000.000

Leave A Reply

Your email address will not be published.