fbpx

Gempa 6,9 SR Guncang Maluku Barat Daya

Foto: Ilustrasi Bola Dunia
133

Datapolis.id, Maluku – Gempa berkekuatan 6,9 SR mengguncang wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada hari senin (26/3) pukul 03.14 WIB. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di laut 189 km Barat laut Maluku Tenggara Barat, dan tidak berpotensi tsunami.

BMKG juga menyatakan koordinat episentrum gempa adalah 6.77 LS – 129.84 BT pada 169 km dibawah permukaan laut. Dilihat dari peta, lokasi pusat gempa berada diantara 105 kilometer bagian utara Tepa dan 210 kilometer barat laut Saumlaki Maluku Tenggara Barat.

Sebelumnya, terdapat tanda peringatan tsunami yang dipicu oleh Indian Ocean Tsunami Warning and Mitigation System (IOTWMS), seperti yang dilansir oleh Agence France-Presse (AFP). Kemudian IOTWMS merilis buletin kedua yang menyatakan tak ada ancaman terhadap negara-negara di Samudera Hindia.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Abraham Mustamu, gempa sangat dirasakan oleh warga di Maluku Barat Daya dan di Saumlaki Maluku Tenggara Barat.

Belum diketahui apakah terdapat kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.