fbpx

Pentingkah Asuransi Jiwa?

80

Datapolis.co.id, Jakarta – Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang bertujuan menanggung risiko apabila tertanggung meninggal terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. Dalam hal ini meninggal terlalu cepat dapat menyebabkan keluarga yang ditinggalkan mengalami kehilangan atau kekurangan pendapatan finansial sebab kehilangan anggota keluarga, terlebih jika itu adalah tulang punggung keluarga.

Sebaliknya, tertanggung yang memiliki hidup lebih lama pasti akan mengalami masa pensiun atau sudah tidak mampu lagi mencari nafkah sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Berikut beberapa alasan mengapa asuransi jiwa penting untuk anda miliki :

  1. Apabila anda meninggal, asuransi jiwa dapat berperan sebagai pengganti pemasukan finansial untuk keluarga anda agar kebutuhan ekonominya dapat terpenuhi. Dana penggantian didapat dari uang pertanggungan yang anda dapat dari perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian polis yang telah disepakati.
  2. Jika suatu saat anda meninggal dunia, keluarga yang berduka tidak perlu memikirkan dari mana harus mendapatkan dana untuk biaya-biaya pemakaman, rumah duka, dan tagihan uang berduka lainnya sebab asuransi jiwa akan membayar dana-dana yang dibutuhkan tersebut.
  3. Apabila anda memiliki anak yang masih merintis pendidikan dan anda memiliki asuransi jiwa, anda tidak perlu khawatir anak anda akan putus sekolah jika suatu saat anda meninggal atau tidak dapat melanjutkan biaya pendidikannya dikarenakan sudah memasuki masa tua. Asuransi jiwa yang anda miliki akan memberikan biaya pendidikan kepada anak anda hingga jenjang pendidikan yang telah disepakati oleh anda dan pihak asuransi.
  4. Uang pertanggungan atau penggantian yang diberikan perusahaan asuransi dapat digunakan untuk membayar hutang-hutang yang anda miliki seperti biaya rumah sakit, cicilan rumah, cicilan kendaraan dan lain sebagainya. Dengan ini anda tidak perlu khawatir akan meninggalkan hutang kepada keluarga saat anda meninggal dunia di masa mendatang.

Dari alasan diatas dapat dikatakan bahwa asuransi jiwa sangat penting untuk menjamin biaya finansial yang akan diderita oleh keluarga yang ditinggalkan jika sewaktu-waktu anda meninggal dunia. Sebab mulai dari kebutuhan ekonomi, biaya pendidikan, hingga pembayaran hutang piutang dapat terselesaikan dengan mudah jika anda membeli produk asuransi jiwa.

Selain itu asuransi jiwa sendiri memiliki macam-macam jenis produk dengan manfaat yang berbeda-beda sesuai kebutuhan anda. Antara lain :

  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term) adalah salah satu jenis asuransi jiwa yang paling sederhana dan yang paling murah biaya preminya. Jenias asuransi jiwa ini biasanya diambil untuk jangka waktu tertentu, misalnya antara 10, 20 atau 30 tahun. Tujuannya untuk menyediakan kebutuhan temporer, misalnya seperti pendidikan anak, rumah, pembayaran hipotek, dan sebagainya. Jenis-jenis dari produk ini cocok untuk anda yang memiliki kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar, akan tetapi hanya mempunyai daya beli yang terbatas.
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life) adalah satu jenis dasar asuransi jiwa permanen yang memberikan proteksi asuransi seumur hidup untuk nasabah. Jika anda ingin manfaat yang lebih dari sekedar santunan kematian, atau menginginkan proteksi jiwa sekaligus memiliki tabungan untuk kebutuhan darurat, misalnya seperti biaya tagihan rumah sakit, ataupun jika anda ingin mendapatkan pertumbuhan modal investasi, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi ini. Akan tetapi biaya premi pada jenis asuransi jiwa ini lebih tinggi dari pada asuransi jiwa berjangka.
  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment) adalah suatu jenis dari asuransi jiwa yang memberikan 2 keuntungan sekaligus. Manfaatnya yang pertama berupa penerimaan sejumlah uang pertanggungan jika anda meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang telah anda dibeli. Yang kedua, jika anda masih hidup hingga jangka waktu yang ditetapkan polis berakhir maka anda akan mendapatkan uang pertanggungan penuh sesuai perjanjian polis.

Dengan ini anda dapat memilih jenis asuransi jiwa mana yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.