fbpx

Pembahasan Ujian PAI: A40 – No. 13 – Agustus 2019

44

Pembahasan Soal Ujian Profesi Aktuaris

Institusi : Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI)
Mata Ujian : Akuntansi
Periode Ujian : Agustus 2019
Nomor Soal : 13

SOAL

Berdasarkan PSAK 62 tentang kontrak asuransi, perusahaan asuransi mengungkapkan informasi yang dapat memungkinkan pengguna laporan keuangan untuk mengevaluasi sifat dan tingkat risiko yang muncul dari kontrak asuransi. Berikut ini adalah informasi yang harus diungkapkan oleh perusahaan asuransi tersebut, kecuali:

  1. Tujuan, kebijakan, dan proses dalam pengelolaan risiko yang muncul dari kontrak asuransi dan metode yang digunakan untuk mengelola risiko tersebut.
  2. Sensitivitas risiko asuransi.
  3. Konsentrasi risiko asuransi, termasuk penjelasan bagaimana manajemen menentukan konsentrasi dan penjelasan dari kesamaan karakteristik yang mengidentifikasi masing- masing konsentrasi.
  4. Informasi kualitatif tentang sensitivitas serta informasi tentang syarat dan ketentuan kontrak asuransi yang memiliki dampak material atas jumlah, waktu dan ketidakpastian arus kas masa depan perusahaan asuransi.
  5. Analisis jatuh tempo, apabila perusahaan asuransi mengungkapkan informasi tentang estimasi waktu arus kas keluar neto yang dihasilkan dari liabilitas asuransi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.