fbpx

Longsor, 5 Penambang Emas Ilegal Ditemukan Tewas di Sulawesi

Foto: Cnnindonesia.com
355

Datapolis.id, Sulut – Peristiwa longsor yang terjadi di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongodow, Sulawesi Utara, Minggu (03/06/2018) memakan korban jiwa. Sebanyak enam penambang emasi ilegal tewas tertimbun longsor.

Longsor terjadi sekitar pukul 15.00 WITA. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jasad lima dari enam orang penambang emas sekitar pukul 19.00 WITA dan satu orang korban lainnya masih dalam proses pencarian.

Saat kejadian, semua korban warga desa Bakan sedang melakukan aktivitas penambangan ilegal di tengah guyuran hujan deras. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melansir pada laman akun twitter miliknya @Sutopo_PN menyatakan “Korban adalah penambang emas ilegal yang tetap bekerja saat hujan deras.” Ujar Sutopo.

Sutopo juga menyatakan bahwa daerah tambang yang berbukit dan bertanah gembur serta lerengnya yang cukup curam mengakibatkan longsor hingga menimbun para penambang.

Lima jasad korban yang berhasil dievakuasi  adalah Rian Mamonto (28), Wiro Ketangrejo (26), Adi Mokodompit (26), Dodo Mamonto (45), Dudi Lenda (45). Sedangkan satu orang korban atas nama Molan Mamonto (55) masih dalam proses pencarian. “Satu orang masih dalam proses pencarian adalah Molan Mamonto (55).” pungkas Sutopo.


Ikhtisar:

  • Peril : Longsor
  • Objek : Tambang Emas
  • Tanggal kejadian : 3 Juni 2018
  • Lokasi : Bolaang Mongodow, Sulawesi Utara
  • Penyebab : Hujan deras
  • Nilai Kerugian : Belum diketahuiTam
Leave A Reply

Your email address will not be published.