fbpx

6 Tips Agar Tidak Salah Memilih Asuransi Jiwa

Foto: Ilustrasi
38

Datapolis.id, Jakarta – Saat ini asuransi merupakan suatu lembaga yang sudah membaur di dalam masyarakat. Asuransi sendiri memberikan proteksi berupa penggantian finansial kepada masyarakat yang telah memiliki polis asuransi dari perusahaan yang diberikan kepercayaan dalam mengelola uang premi yang telah dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Namun apakah anda sudah menentukan perusahaan asuransi mana yang ingin anda percayakan? Atau anda masih bingung memilih asuransi mana yang tepat untuk anda. Kali ini kami akan membahas enam tips agar anda tidak salah memilih asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Sesuaikan Anggaran Asuransi dengan Kebutuhan Hidup Anda

Sesuaikan Anggaran Asuransi dengan Kebutuhan Hidup Anda

Dalam membeli asuransi, terutama asuransi jiwa anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah anggaran biaya membeli asuransi jiwa akan mengganggu anggaran kebutuhan hidup keluarga anda sehari-hari.

Jangan sampai anda lebih fokus membeli asuransi karena menginginkan uang pergantian yang besar, namun kebutuhan hidup anda sehari-hari tidak dapat terpenuhi.

  1. Daftarkan Diri Anda Selagi Sehat

Daftarkan Diri Anda Selagi Sehat

Setiap perusahaan asuransi jiwa memiliki kriteria tersendiri dalam hal syarat kondisi kesehatan calon nasabah mereka. Oleh sebab itu ada dua kemungkinan yang didapat jika anda tidak segera mendaftarkan asuransi jiwa selagi sehat, yang pertama perusahaan akan menolak pendaftaran asuransi anda, atau yang kedua perusahaan akan tetap menerima namun anda akan dikenakan biaya premi yang cukup mahal melalui pertimbangan kondisi kesehatan anda.

  1. Perhatikan Track Record  Perusahaan

Ini merupakan hal yang paling penting dalam memilih asuransi yang tepat, yaitu mengetahui track record perusahaan asuransi jiwa. Track record merupakan suatu laporan yang berisikan suatu perusahaan dalam keadaan sehat dan tidak bermasalah, mulai dari pembayaran uang pertanggungan, cara pemberian uang klaim, cadangan keuangan perusahaan dan lain sebagainya.

Cara mengetahui track record perusahaan asuransi dapat dilihat dari laporan keuangan yang di publikasikan di website resmi perusahaan, media masa seperti koran ataupun akun resmi lembaga keuangan. Sehingga anda bisa dengan mudah membandingkan track record perusahaan satu dengan perusahaan lainnya.

Misalnya dalam ketentuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), suatu perusahaan asuransi harus memiliki Risk Based Capital (RBC) minimal sebesar 120% .

  1. Cari Nilai Pertanggungan yang Tepat

Nilai pertanggungan merupakan nominal biaya besar penggantian yang dijanjikan perusahaan asuransi didalam polis. Anda harus dapat menimbang-nimbang manakah perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan pertanggungan diri yang lebih besar.

Biasanya nilai pertanggungan juga menyesuaikan kondisi anda seperti kesehatan, hobi, dan lain sebagainya.

  1. Pertimbangkan Harga Premi

Pertimbangkan Harga Premi

Harga premi adalah komponen terpenting dalam menetapkan perusahaan mana yang tepat untuk anda. Apakah harganya sesuai dengan kantong anda, apakah besarnya biaya premi yang dikeluarkan akan mengganggu kebutuhan pengeluaran finansial keluarga anda.

Harga premi yang ditawarkan juga berbeda-beda sesuai dengan usia, hobi, jenis kelamin, pekerjaan, riwayat penyakit, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu mengapa mendaftar asuransi saat keadaan sehat penting karena hal itu merupakan salah satu faktor penentu agar biaya premi yang anda keluarkan tidak begitu besar.

  1. Membeli Asuransi Tambahan

Membeli Asuransi Tambahan

Jika anda merasa perlindungan yang ditawarkan asuransi jiwa tidak cukup untuk kebutuhan, anda dapat membeli asuransi tambahan di tempat anda membeli asuransi jiwa.

Asuransi tambahan (raider) memiliki banyak macamnya, seperti :

  • waiver of premium yang memberikan penggantian kerugian apabila tertanggung (nasabah) mengalami cacat permanen;
  • accidental death akan memberikan penggantian apabila nasabah mengalami kecelakaan transportasi publik namun jika anda meninggal dunia maka uang penggantiannya akan menjadi 2x lipat;
  • disalibity merupakan raider yang memberikan penggantian apabila anda kehilangan anggota tubuh karena kecelakaan, atau penyakit parah yang menyebabkan hilangnya anggota tubuh.
  • Accelerated death benefit raider ini akan memberikan uang penggantian kepada tertanggung yang memiliki penyakit kronis seperti jantung, ginjal dan lain sebagainya, selain itu penyakit yang belum ada obatnya juga ditanggung dalam asuransi tambahan ini.
  • Hospital cash plan akan memberikan penggantian pada tertanggung dalam biaya-biaya rawat inap rumah sakit, mulai dari biaya kamar, perawatan, dokter jaga, obat-obatan dan lain sebagainya.
  • Juvenile payor benefit, anda tidak usah takut apabila anak-anak anda tidak dapat terjamin biaya pendidikannya jika suatu saat anda harus mengalami cacat tetap dan kehilangan pekerjaan atau bahkan meninggal dunia karena raider ini akan membiayai pendidikan anak anda.

Beberapa jenis asuransi tambahan diatas dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih asuransi jiwa. Anda akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan raider yang anda pilih dalam melengkapi manfaat asuransi jiwa anda.

Sekian tips dari  kami, semoga dapat membantu anda dalam memilih asuransi jiwa yang tepat sesuai kebutuhan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.