fbpx

Pembahasan Ujian PAI: A40 – No. 15 – Agustus 2019

52

Pembahasan Soal Ujian Profesi Aktuaris

Institusi : Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI)
Mata Ujian : Akuntansi
Periode Ujian : Agustus 2019
Nomor Soal : 15

SOAL

Berdasarkan PSAK 36 tentang akuntansi asuransi jiwa, pernyataan manakah berikut ini yang tidak benar terkait dengan pendapatan, kewajiban, atau manfaat kontrak asuransi jiwa?

  1. Premi kontrak jangka panjang (whole life contracts dan guarranted renewable term life contracts) diakui sebagai pendapatan pada saat jatuh tempo dari pemegang polis.
  2. Ke Dalam kontrak jangka panjang, nilai sekarang estimasi manfaat polis masa depan yang dibayar kepada pemegang polis atau wakilnya dikurangi dengan nilai sekarang estimasi premi masa depan yang akan diterima dari pemegang polis, diakui pada saat jatuh tempo dari pemegang polis.
  3. Dalam kontrak jangka panjang, kewajiban untuk biaya yang diharapkan timbul sehubungan dengan kontrak tersebut diakui selama periode sekarang dan periode diperbaruinya kontrak.
  4. Premi kontrak jangka pendek (seperti credit life insurance) diakui sebagai pendapatan
  5. Dalam kontrak jangka pendek, jika periode risiko berbeda secara signifikan dengan periode kontrak, premi diakui sebagai pendapatan selama periode risiko sesuai dengan proporsi jumlah proteksi asuransi yang diberikan

Leave A Reply

Your email address will not be published.