fbpx

Malang Diguncang Gempa 5,2 SR

Foto: tribunews.com
134

Datapolis.id, Malang – Gempa bumi berkekuatan 5, 2 SR mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (08/08/2018). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 8,8 Lintang Selatan dan 112,41 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km di sebelah barat daya kabupaten Malang dengan kedalaman berada di 13 km di bawah permukaan laut.

Kepala pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyebutkan, getaran gempa yang terjadi sekitar pukul 13.09 WIB tersebut dilaporkan telah dirasakan oleh masyarakat di daerah Malang, Karangkates, dan Blitar pada skala II SIG-BMKG, Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta, Kuta pada Skala I SIG-BMKG (II MMI)

Hingga kini, belum ada laporan terkait dampak kerusakan guncangan gempa bumi tersebut. Gempa bumi yang dirasakan hingga pulau Bali tersebut tidak berpotensi  tsunami. “Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.” Ujar Rahmat (8/8). Rahmat menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar yang belum dipastikan kebenarannya.


Ikhtisar:

Peril (Musibah) : Gempa Bumi
Objek : Area Lokal
Tanggal Kejadian : 8 Agustus 2018
Lokasi : Malang, Jawa Timur
Proximate cause (Penyebab utama) : Gempa Bumi
Nilai Kerugian : Belum diketahui

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.