fbpx

Gempa 7,0 SR di Lombok, Berpotensi Tsunami

Foto: news.detik.com
125

Datapolis.id, Lombok – Gempa bumi berkekuatan 7,0 skala richter kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (05/08/2018). Pusat gempa terjadi di darat pada koordinat 8,37 Lintang Selatan, 116.48 Bujur Timur dengan kedalaman 15 km dan berpotensi tsunami. Gempa yang terjadi sekitar pukul 18.00 WITA tersebut menyebabkan puluhan orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah mengalami kerusakan.

Berdasarkan laporan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan data sementara hingga Senin (6/08) siang, total korban meninggal dunia berjumlah 91 orang, 209 orang luka-luka, dan ribuan rumah rusak. Sebagian besar korban meninggal dunia akibat tertimpa bangunan yang roboh. Jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah mengingat belum semua wilayah di Lombok terjangkau oleh petugas SAR.

Guncangan gempa juga terasa hingga ke pulau Bali diantaranya Kota Denpasar, Gianyar, Karangasem hingga Buleleng. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Ngurah Rai Bali juga sempat mengalami kepanikan akibat guncangan gempa. Getaran gempa juga hingga merusak sejumlah bangunan di Bali.

Menurut informasi dari berbagai sumber menyebutkan, daerah terparah akibat guncangan gempa diantaranya Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram. Guncangan gempa juga tidak hanya merusak ribuan unit rumah dan bangunan, guncangan gempa juga merusak sejumlah kendaraan seperti mobil dan motor akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) mencatat sebanyak 945 Base Transceiver Station (BTS) terdampak akibat gempa lombok.

Kepala BMKG Dwikora Karnawati menyatakan hingga Senin Sore telah terjadi 180 kali gempa susulan di Lombok, NTB dengan magnitudo yang fluktuatif. BMKG menghimbau agar warga terdampak gempa tidak perlu cemas karena magnitudo gempa semakin melemah, namun tetap waspada dan sementara waktu menghindari bangunan yang rawan runtuh.


Ikhtisar:

Peril (Musibah) : Gempa Bumi
Objek : Area Lokal
Tanggal kejadian : 05 Agustus 2018
Lokasi : Lombok, NTB
Proximate cause (Penyebab utama) : Gempa Bumi
Nilai Kerugian : Belum diketahui

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.