Cara Mengelola Stres di Tempat Kerja

Datapolis.id – Stres adalah hal yang tak dapat dihindari di dunia ini. Semua orang pernah mengalami yang namanya stres mulai dari anak-anak yang stres karena ujian sekolah sampai bahkan orang dewasa yang memiliki tingkat masalah yang lebih beragam.

Namun tahukah anda bahwa stres dapat dikelola?. Ya stres dapat dikelola dengan berbagai macam cara yang beragam. Stres dapat diubah menjadi hasil-hasil yang lebih positif dan tentunya akan sangat membantu anda saat berada di tempat kerja. Berikut cara mengelola stres di tempat kerja:

Lakukan Perencanaan Kerja yang Detail

Banyaknya sumber kesalahan terjadi ditempat kerja akibat kurang detailnya perancanaan kerja yang mengakibatkan atasan marah dan anda harus mengerjakan lagi tugas yang diberikan. Untuk menghindari tingkat kesalahan, sebaiknya anda mencatat secara detail jenis perkerjaan yang diberikan oleh atasan. Jangan pernah malu bertanya! Tanyakan setiap detail tugas yang diberikan dan buat garis besarnya, namun jangan sampai menanyakan hal yang tidak begitu penting karena dapat mengurangi penilaian atasan terhadap anda.

Jadikan Tekanan dari Atasan Sebagai Motivasi

Tingkat stres di kantor yang paling tinggi levelnya adalah tekanan dari atasan. Tekanan dapat berupa amarah seperti makian atau bahkan peringatan-peringatan apabila anda melakukan suatu tugas yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Mengelola stres yang satu ini cukup jadikan makian atasan sebagai motivasi anda untuk maju. Jangan diambil hati saat atasan anda marah! Jadikanlah itu sebagai pelajaran anda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Cukup ambil napas dalam dan tenangkan diri sejenak, lalu renungkan kesalahan yang membuat atasan anda marah. Berikan jiwa anda masukan-masukan kalimat positif agar aura anda di tempat kerja tetap bersinar.

Maju terus Pantang Mundur

Apabila anda terlanjur membuat kesalahan di tempat kerja dan atasan tidak menyukainya, jangan minder. Terus latih diri agar lebih terampil mengerjakan pekerjaan anda dengan baik dan benar.

Lakukanlah diskusi ringan dengan rekan kerja untuk menambah wawasan anda. Selain anda dapat mengistirahatkan pikiran anda dari pekerjaan, anda juga dapat menciptakan relasi kerja yang kuat bersama rekan anda.

Ciptakan Meja Kerja yang Unik

Stres dapat juga berasal dari rasa jenuh akibat kegiatan sama yang dilakukan setiap hari. Berangkat ke kantor setiap pagi – pulang kerumah saat sore – mengerjakan pekerjaan rumah malam hari – kembali lagi ke kantor keesokan paginya. Lingkaran ini benar-benar dapat membuat semua orang merasa jenuh.

Namun apabila anda menciptakan meja kerja yang unik seperti meletakkan hobi anda diatas meja kerja, atau meletakkan tanaman hias yang memiliki banyak manfaat seperti membuat pikiran menjadi lebih rileks, meningkatkan konsentrasi dan kreativitas anda, rasa jenuh yang anda rasakan dapat berkurang.

Jadilah Pribadi yang Positif

Sikap mencerminkan kepribadian seseorang. Sikap yang baik dimulai dengan pikiran yang positif. Oleh sebab itu apabila anda ingin mengurasi tingkat stres di hidup anda, jadilan pribadi yang positif. Rasa stres timbul akibat pikiran-pikiran negatif yang membuat pikiran menjadi sempit dalam menemukan jalan keluar, padahal sebenarnya masalah yang anda hadapi itu sepele. Namun pikiran sudah berkerja terlalu berat memikirkan kecemasan dan kekhawatiran yang belum tentu terjadi. Perbanyaklah membaca kisah-kisah motivasi, kalimat-kalimat bijak dan kitab suci untuk  menghindari diri dari pikiran yang negatif.

Leave A Comment

You must be logged in to post a comment