fbpx

Bonus Demografi dan Asuransi di Indonesia

464

Menurut data BKKBN pada tahun 2020 sampai 2035 Indonesia akan mendapatkan sebuah berkah kependudukan yang bernama bonus demography, istilah ini untuk menggambarkan kondisi sebuah negara yang memiliki penduduk usia produktif usia 18 sampai 38 tahun lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan penduduk praproduktif (di bawah 18) Dan pascaproduktif.

Penduduk produktif ini menjadi sebuah bonus jika dalam perjalanan ketika sebelum masanya tiba terlebih dahulu dipersiapkan beberapa hal. Beberapa Hal yang harus dipersiapkan juga membutuhkan kerja sama, baik dari pemerintah maupun masyarakat nya sendiri. Pemerintah bertugas membuat aturan yang mempermudah iklim usaha, berita baiknyanya di Indonesia untuk hal ini sudah terjadi. Masyarakat boleh berkreasi membuat sebuah usaha UMKM omzet Kecil bahkan tanpa izin. Contoh: Kita bisa jadi reseller barang di toko online tanpa izin. Penduduk yang mau berdagang makanan atau lain hal, bebas membukanya di Warung, kedai bahkan depan rumahnya.

Masyarakat sebagai manusia yang akan memasuki calon bonus demography sebaiknya disiapkan pengetahuannya lewat pendidikan yang cukup sehingga memiliki daya saing kedepannya. Pendidikan formal dan non-formal yang didapatkan secara cukup dan merata diantara sebagian besar penduduknya diharapkan potensi maksimal masyarakat ini dapat maksimal.

Swasta sebagai pihak utama yang membantu terwujudnya manfaat maksimal dari bonus demography akan mendapatkan dampak maksimal, dengan tersedianya tenaga-tenaga terlatih siap pakai dan produktif. Swasta dapat membantu dengan memberikan pelatihan semi formal yang akan diserap oleh penduduk usia produktif.

Bangsa Berhasil dan Gagal

Bonus demography hanya terjadi sekali dalam sejarah sebuah bangsa. Contoh bangsa yang berhasil memanfaatkan nya adalah Jepang. Kita dapat lihat sampai saat ini bahwa Jepang masuk dalam list negara Asia yang tingkat kesejahteraan nya bertahan dalam level tertinggi sejajar dengan bangsa maju lainnya.

Keberhasilan pemanfaatan bonus demography bahkan tetap dirasakan hingga sekarang. Walaupun saat ini, Jepang masuk dalam negara dengan manusia lanjut usia lebih banyak dari usia mudanya.

Lalu, bangsa manakah yang gagal memanfaatkan bonus demographic ini. Brazil adalah contohnya. Bangsa yang memiliki jumlah penduduk besar serupa negara kita tidak dapat mengikuti sejarah Jepang ketika penduduk usia produktif mereka sudah datang. Kesejahteraan tidak didapatkan karena beberapa hal yang tidak disiapkan sedari awal.

Apakah yang harus dipersiapkan dari sekarang jika kita berusia dalam rentang 18-38 tahun saat ini?

  1. Konsentrasi pada pendidikan, jika belum selesai maka selesaikanlah.
  2. Carilah minat utama dan dapatkan keahlian di sana.
  3. Miliki banyak sertifikat tambahan di bidang yang disukai ini.
  4. Perluas networking, jadilah orang baik yang aktif.
  5. Miliki tabungan
  6. Miliki asuransi

Kita akan fokus di nomer 5 dan 6 

Mengapa tabungan dan asuransi dipilih lalu dipisah? karena memang dua produk ini berbeda untuk mengantisipasi hal yang berbeda pula.

Tabungan adalah produk jangka pendek yang wajib dimiliki untuk memenuhi kebutuhan harian normal tanpa ada gangguan, tabungan juga dipersiapkan untuk kebutuhan harian dengan gangguan, misalkan usaha turun atau tiba-tiba PHK atau perusahaan pailit.

Sementara asuransi PENTING dipersiapkan jauh lebih besar daripada itu.

Saat-saat yang bernilai dalam hidup akan terasa jika kita sehat dan produktif. Jika tidak sehat dan produktif maka asuransilah yang akan menggantikan posisi kita sebagai makhluk ekonomi ini.

Berapakah nilai tabungan minimal kita saat masa produktif  kita itu nanti?

Milikilah tabungan dengan kisaran 6 kali uang pengeluaran bulanan anda. Lalu milikilah Uang Pertanggungan dan dana darurat Sakit Kritis dengan jumlah minimal 5 tahun penghasilan tahunan anda sampai 10 tahun dikali dengan penghasilan anda.

Jika anda seseorang yang memiliki penghasilan/pengeluaran 10 juta perbulan, maka tabungan anda minimal mengendap 6X10 juta= 60 juta. Uang Pertanggungan ideal anda disaat ini atau saat Masa bonus demography anda datang adalah 600 juta sampai 1,2 Milyar.

Kenapa dana itu penting dipersiapkan manusia-manusia produktif ini? 

Jawabanya adalah mereka memiliki nilai ekonomi, dan nilai ekonomi yang berupa uang yang dihasilkan ini PENTING sekali bagi dirinya atau keluarga, maka WAJIB sumber uang ini dilindungi.

Jadi, sudahkah anda memiliki tabungan dan asuransi seminimal angka di atas tadi?

Selamat memasuki masa bonus demographic, semoga masa itu menjadi bonus yang sebenarnya dalam hidup teman semua.

Semoga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.