fbpx

Banjir Bandang di Bogor, Akses Jalan Sukamakmur-Cianjur Terputus

Sumber: Kompas
389

Datapolis.id, Bogor – Curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Bogor pada Sabtu sore hingga malam (7/4/2018). Akibatnya, dua kampung di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, dilanda bencana longsor dan banjir bandang.

Menurut informasi yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dan Kodim 0621, dua kampung tersebut adalah Kampung Cisarua dan Kampung Arca.

Menurut laporan tersebut, sebanyak enam rumah warga hancur, dua belas kendaraan hilang, dan satu orang meninggal diketahui bernama Mari (70).

Sedangkan, di Kampung Arca longsor mengakibatkan satu warga belum ditemukan, petugas masih melakukan pencarian terhadap korban.

Komandan Distrik Militer 0621 Letkol Inf Fransisco menyebutkan, insiden ini menyebabkan akses jalan yang menghubungkan antara wilayah Sukamakmur dengan Cianjur terputus. Ia juga mengatakan bahwa petugas masih berada di lapangan untuk membantu evakuasi warga yang terkena dampak bencana.

Sekretaris Dinas BPBD Kab. Bogor, Budi Pranowo menyebutkan, selain merusak rumah dan kendaraan, banjir bandang juga membuat sawah dan kebun milik warga ikut hancur.

Petugas masih mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Tenda-tenda darurat serta bantuan logistik juga sudah disiapkan untuk para korban.

Budi juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat curah hujan di Bogor cukup tinggi. Beberapa petugas juga sudah diterjunkan ke titik-titik rawan bencana untuk antisipasi.


Catatan

  • Peril : Banjir
  • Objek : Rumah tinggal, kendaraan, sawah
  • Tanggal kejadian : 7 April 2018
  • Lokasi : Bogor
  • Penyebab : Curah hujan yang cukup tinggi
  • Nilai kerugian : Tidak diketahui
Leave A Reply

Your email address will not be published.