fbpx

7 Rahasia Di balik Sahur

Foto : Ilustrasi Makan
493

Datapolis.id – Sahur merupakan aktivitas makan yang dilakukan umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Waktu sahur berada pada dini hari hingga adzan subuh berkumandang. Namun, tahukan anda bahwa ada rahasia dibalik sahur? Yuk kita simak rahasia apa saja yang ada dibalik sahur.

Melewatkan Sahur
Jangan pernah melewatkan makan sahur sebab tubuh akan menjadi lemas , mudah mengantuk dan tidak bertenaga selama seharian penuh, akibatnya pikiran tidak fokus bekerja karena lapar.

Makan Berlebihan
Makan sebanyak-banyaknya saat sahur diharapkan dapat membuat perut lebih lama kenyang, namun justru keliru. Menurut Dokter Neha Sanwalka, terlalu banyak makan saat sahur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan heartburn.

Langsung Tidur Setelah Sahur
Makan sahur tentunya masih menyisakan kantuk sebab kegiatan ini dilakukan pada dini hari. Terlebih tubuh akan terasa lebih ngantuk setelah terisi makanan dan akhirnya setelah sahur langsung kembali tidur. Sebaiknya kebiasaan ini dihentikan sebab tidur setelah makan sahur dapat mengakibatkan gangguan saluran pencernaan dan beberapa komplikasi kesehatan  lainnya, karena asam lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Alangkah baiknya setelah makan sahur anda berjalan-jalan ringan di sekitar komplek atau menunggu dua jam kemudian jika memang ingin tidur lagi.

Minum Teh
Hindari minum teh saat sahur dalam jumlah banyak karena teh memiliki kadar kafein dan bersifat diuretik yang artinya dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Akibatnya tubuh akan mudah kekurangan cairan dan rasa haus akan muncul setelahnya. Sebaiknya jika memang ingin  mengkonsumsi teh saat sahur, diperbolehkan untuk minum 1-2 cangkir saja.

Terlalu Banyak Minum Air Putih
Minum terlalu banyak air putih sekaligus sangat tidak dianjurkan sebab asam lambung akan naik dan menyebabkan kembung, gangguan pencernaan hingga mual-mual. Sebaiknya minum air putih secara pelahan dan bertahap. Misalnya satu gelas saat bangun tidur, satu gelas sebelum makan sahur, satu gelas setelah makan sahur.

Mencegah Metabolic Syndrome
Sindrom metabolik merupakan suatu penyakit berupa naiknya tekanan darah, gula darah, kolestrol, dan penumpukan lemak disekitar pinggang yang terjadi secara bersamaan. Karena ketika tidur tubuh akan memproduksi berbagai macam hormon didalamnya. Dengan kita bangun saat sahur, produksi hormon akan berhenti begitu juga hormon kortisol. Hormon kortisol ini memiliki efek samping apabila diproduksi dalam jumlah banyak sebab hormon ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti metabolik sindrom.

Mencegah Mual Muntah dan Sakit Kepala
Gula dalam darah merupakan penyebab timbul mual muntah dan sakit kepala saat berpuasa. Dengan sahur, tingkat gula dalam darah dapat diatur agarlebih stabil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.